Minggu, 27 Januari 2013

Kriminalisasi Industri Sidang III dan dampak pada Wardes

Telecenter/Wardes Long Bawan diseberang balai kecamatan
  • Lanjutan diskusi partisipasi milis telematika terhadap ITA dilanjutkan dengan pengaruh dari kasus kiriminalisasi industri karena pemanfaatan frekwensi 2.1ghz oleh Indosat...tuduhan dari JPU berlanjut pada dampaknya pada industri warnet.







    Arif Api kalau sebagai pengusaha warnet, apa akibatnya dg kriminalisasi kasus im2 ini? 
    VSAT Training - IM2 Top Floor Kebagusan office
    Note: More pictures and case study below
    Berapa warnet yg tutup? 
    Berapa sdm yang putus kerja?
  • Rudi Rusdiah kasusnya khan masih berjalan belum putus dan diharapkan ada putusan sela agar batal ?  
    Hanya saja saat ini semua mitra yang menggunakan jasa ISP dari IM2 khan resah juga,  bayangkan jika tuduhan korupsi Rp 1.3T, sedangkan omset pendapatan setahun (revenue) cuma sekitar Rp 300 M dan Aset yang digelar dan dimiliki oleh IM2 cuma sekitar Rp 800 M ?
     
    Gimana kalau bangkrut pak, akibat harus bayar Rp 1.3T ?

    Belum lagi jika malapetaka ini jadi kenyataan, karena dampaknya akan menular pada ISP yang lain,  yang juga kerjasama dengan operator jaringan telekom. 
    Nah ini yang dikawatirkan menjadi kiamat Internet,  semoga ngak keterusan dan dapat disela dan dibatalkan putusannya segera.

    Jadi industri telematika atau ICT dihadapi dua malapetaka...pertama dari dalam negeri sendiri (kasus frekensi IM2) dan dampak dari perundingan perjanjian ITA (extended atau ke II)  yang tentu mendapatkan tekanan dari luar negeri, karena lobby dari negara maju untuk menguasai pasar dalam negeri RI yang sangat lucrative. Analoginya Pasar di Indonesia bagai gadis manis yang lugu.. kepingin dipinang disatu pihak... dan ada yg iri dipihak lain..
     
  • Arif Api Maksudku berapa  potensi kerugian?
    Saat ini emang ada berapa warnet pak? 
    Kalau data punya pak Irwin Day kan ada sekitar 3.000 an.

    Atau warnet emang udah surut duluan bahkan ga ada kasus ini sekalipun? mengingat ponsel cerdas udah marak

    Rudi Rusdiah Arif Api wah warnet tumbuh pesat di perdesaan pak... kalau data dari asosiasi warnet yang bapak sebutkan diatas sepertinya sudah lama sekali (data 2008 ?) dan  sepertinya fokus pada warnet  diperkotaan, cmiiw dan cek dengan yang berkepentingan.  
    pesawat yg kami charter dari MAF khusus utk Wardes
    Data dari APW, Warnet diperdesaan jumlahnya meningkat ribuan dalam beberapa tahun belakangan ini, karena banyaknya  program pemeirntah seperti Wardes, program PLIK, program MPLIK dll. 
    airfield not airport long bawan.. unloading stuff
    berhenti sejak di motel utk lanjut ke telecenter
    usus
    from nothing to something..wardes in rural Krayan
    Belum lagi di daerah Sub-Urban masih banyak tumbuh, kadang dalam bentuk game center coba blusukan ke kampung2 dan RT di pinggir kota pak. Kalau dipusat perkotaan daerah urban memang warnet banyak yang terancam dan yang terjadi produk substitusi dari berbagai gadget seperti smartphone (BB menjadi awalnya) , Fablet, Tablet bahkan mobile computing.
    Yang saya heran data dari studi Google bisa menyebut angka 260,000 warnet..mungkin maksudnya jumlah PCnya (IP terminal) jadi kalau rata rata 8 - 10 PC, yah mendekati angka APW yg perkirakan 15,000 -20,000 warnet
    Reference: Data studi google (Deloitte, 2011) The Connected Archipelago, The role of Internet in Indonesian Economic development, (Dec2011) Deloitte Access Economics for Google Asia Pacific Pte Ltd. page 6 Fig 1.1. Juga disebutkan dalam laporan tersebut bahwa : "Today the Internet account for 1.6% of Indonesian GDP dan 2016 naik menjadi 2.5%... hebat khan kontribusi warnet...eh Internet
    Jadi dengan adanya kasus ini, jika realisasinya menjurus ke negatif bagi industrinya... mungkin prediksi meningkatnya kontribusi GDP bisa menyusut dan entah apa yg akan terjadi di industrinya ...belum bisa bayangkan kiamatnya pak Arif
    Kayaknya yg lebih profesional hitung kerugian adalah BPKP...ups .. kalau kita lagi binun dan resah pak.

    Rudi Rusdiah pak Arif Api ...monggo ditanyakhen sama ahlinya (BPKP)...gimana teman teman dimilis telematika/apw Rudy M. Harahap

  • Arif Api Saya kenal beliau sejak kasus ektp pak. Uraian dia di milis telematika juga sangat jelas.

  • Rudi Rusdiah Arif Api maksudnya ditanyakan sama BPKP untuk juga bikin kerugian industri Internetnya sebagai bagian dari laporannya, bukan cuma kerugian yg ditenggarai disebabkan IM2 pak ,  agar bisa jawab pertanyaan pak Arif diatas mengenai bagaimana dampak kerugian pada industri telematika, warnet yang menjurus pada ditenggarai kiamat Internet di tanah air. 
    By the way...warnet diperkotaan memang sulit pak..akibat teknologi substitusi dan konvergensi gadget akses Internet.
    Kalau warnet di daerah kesulitannya infrastruktur termasuk telekomunikasi dan listrik.. majoritas pakai frekwensi sharing (2.1Ghz, Wifi Abg, WLAN, VSAT, dst.

    downloading warnet equipment and VSAT
    Contoh saja APW pernah membuat PKS dengan IM2 (juga dulu pernah dengan penyelenggara satelit PSN dan dengan Telkom) mengenai penggunaan VSAT untuk daerah diluar Jawa untuk beberapa proyek anggota kami di Kalimantan Timur dan di Papua. 

    Jadi hubungan kami dengan operator, ISP memang sudah lama dan untuk VSAt kami (APW) malah bersama sama bikin riset produk ,harganya dan kami yang pertama di training untuk instalasinya, karena memang kendala besar adalah instalasi VSAt ini terutama didaerah terpencil. Jadi itu awal encounter APW dengan ISP Wireless dan Non terrestrial di Indonesia. 

    Sidang PTUN Tuntutan IM2 terhadap laporan BPKP


    Sidang tuntutan IM2 terhadap BPKP di PTUN

    Tim Teknisi APW-Micronics Setup VSAT








    Tim WWF-APW/Micronics - Lundaya Krayan
    Diagnostik pointing VSAT to get best signal

    Property of IP VSAT during Setup ACCESS Netbook
    Wardes Long Bawan during soft launching and testing
    tracking thru border indonesia - malaysia landmark
    pos malaysia across the border already in Sarawak
    wardes @ bakelalan , sarawak, malaysia
    connectivity not only wardes but road as well
    transporting gasoline accross border for VSAT

    Beberapa tayangan menarik dari Kick Andy di you tube antara lain:
    http://www.youtube.com/watch?v=DffPNZtOQuE

    dan
    http://www.youtube.com/watch?v=Vb8YKl5llRc





    wardes bakelalan in Malaysia courtesy visit

4 komentar:

noname mengatakan...

wah mantap jadi bahan postingan xixixixi makasih pak

Unknown mengatakan...

Mantap Pak infonya

Unknown mengatakan...

Sayang sidang ke III semestinya 28 Jan 2013 senin jam 14:00 batal, karena ada pihak yang kurang sehat...belum jelas di re schedule ulang kapan... karena tadi tidak jadi datang setelah dapat info dari teman. Mohon info jika ada definite date.

Unknown mengatakan...

acara sekitar Telecenter Krayan Long Bawan di liput di Kick Andy semalam dan besok malam minggu jam 3:30 jangan sampai ketinggalan info...